Selasa, 08 September 2020

Lika liku persahabatan

Sepertinya hubungan persahabatan itu tidak akan mungkin tidak pernah bermasalah kan ya? sedeket apapun lo sama sahabat lo biasanya bakal ada aja ujiannya, kadang tuh cuma hal sepele kan yang membuat lo sama sahabat lo harus mengambil jarak untuk sementara waktu? Bahkan kadang cuma masalah miskomunikasi aja kan akhirnya jadi kesel-keselan?


Kadang ada suatu kondisi dimana lo sebenernya gak berniat buat bikin kesel sahabat lo, eh tapi ternyata kita ngeselin bagi dia. Atau kadang karena bingung menjelaskan hal-hal yang menjadi perbedaan pendapat akhirnya menjauh begitu aja tanpa ada kalimat embel-embel yang menyadarkan kalau pendapat bisa saja berbeda.


Perbedaan pendapat itu wajar kok, hanya saja kalian harus bisa saling terbuka aja, katakan aja apa yang memang berbeda, yang pasti dengan ucapan yang baik dan tidak menyinggung perasaan. Perlu memang melatih diri untuk bisa lebih asertif.


Kadang gua suka heran.. anak kecil aja bisa sebegitu pemaafnya kepada orang lain, tapi kita sebagai orang dewasa sering kali memiliki jalan pikiran yang lebih rumit dari apa yang dipikirkan. Sesimple itukah anak kecil? Sesuci itukah hatinya? Semurni itu kah kasih sayangnya? Sebagai orang dewasa kadang gua malu sudah tidak bisa seperti itu.


Percayalah.. yang namanya persahabatan sejati, tidak akan menjatuhkan sahabatnya demi kepentingannya sendiri. Persahabatan sejati tidak akan memiliki niat sedikit pun untuk menikam sahabatnya dari sisi mana pun. Pernah kepikir gak? kok sahabat bisa melakukan hal itu sih? Ya bisa.. mungkin salah satu penyebabnya dari masalah ini adalah rasa iri-irian. Itulah yang sering membuat semuanya jadi hancur berantakan. Hmm.. sebenernya rasa iri mah manusiawi sih.. tapi sepinter-pinternya lo deh buat mengelola rasa iri itu, jangan sampe menyakiti orang lain. Kalau udah nyakitin kek begini.. bisa menjadi hubungan persahabatan yang beracun atau kalau bahasa gaulnya "toxic" wkwk.


Sebagai orang yang bukan anak kecil lagi, memang gak bisa dipungkiri ada aja orang yang kadang tega kan? Kalau begini mungkin memang lebih baik to say good bye aja sih, karena agak berbahaya juga kalau bersahabat dengan orang macem gini. Tolong jaga ia yang memang tulus sama lo.. itu akan jauh lebih baik ketimbang harus memaksakan diri dengan orang yang memang gak sejalan sama lo.


Kalau kamu sudah menemukan orang yang tepat untuk menjadi sahabatmu, terus lo lagi dirundung dengan permasalahan kecil semacem miskom tadi tuh.. pun gue rasa perlu untuk dikomunikasikan dengan lebih bijaksana agar persahabatan kalian terus langgeng dan tak lekang oleh waktu.


Nb: ditulis berdasarkan pengalaman masa lalu dan pengamatan di lingkungan sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARFUM ENAK WOYYYY!!!

Hey hey halo halo halo 💃 Gw pengen ngasi tau parfum yg enak bgt yaampoen sungguh secinta itu gw sm parfum ini. Wangi yg entah kenapa gw can...