Jumat, 18 Desember 2020

[REVIEW BUKU] Metamorproses


Judul : Metamorproses
Penulis: fazar Firmansyah
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
ISBN : 978-602-04-3964-8
Jenis buku : Self improvement
Halaman : 180 halaman
Rating pribadi: 8,1 / 10

Seperti namanya metamorproses - hidup itu proses bukan protes! Disini ada pembahasan mengenai kegagalan, bagaimana cara kita memandang suatu kegagalan dengan baik, menyadarkan akan makna kegagalan untuk dijadikan bahan refleksi diri agar bisa berhasil. Biasanya kegagalan dianggap sebagai suatu aib padahal yang membuat aib itu adalah gengsi kita sendiri. Kita harus mempunyai mindset yang membangun atau positif agar bisa menjadi lebih baik. Ada kisah seekor katak dan siput yang bercakap-cakap, siput merasa minder akan dirinya yang lamban padahal dia punya kemampuan bertahan dari serangan musuh dengan cangkangnya dibanding katak yang lincah namun tidak punya cangkang untuk berlindung. 

Disini juga diceritakan bagaimana kekayaan itu sebenarnya luas, terkadang kita terpatok hanya pada ngerasa gaji yang kecil, padahal banyak yang dapat kita syukuri. Disebutkan disini bahwa "kaya sesungguhnya adalah ketika penghasilan bertambah besar, tetapi kebutuhan tetap, penghasilan yang lebih setelah digunakan untuk kebutuhan, digunakan untuk investasi".

Disebutkan juga tentang makna sukses, yaitu berhasil, lebih tepatnya berhasil melakukan hal yang sebelumnya belum berhasil dan belum bisa kita lakukan. Dan menyadarkan bagaimana manusia seharusnya bermanfaat bagi manusia lainnya. 



Ada juga tips-tips seputar: bagaimana jika menjadi korban bully, bagaimana menjawab pertanyaan "kapan nikah?", lalu barang apa yang harus dibawa ke kondangan, cara membuat weekend lebih berkualitas, cara menemukan potensi diri, cara agar lebih bersyukur dan tidak minder, dan lainnya. 

Buku ini layak dibaca untuk berbagai kalangan, terutama anak muda. Karena gaya bahasanya yang terkesan santai, simpel, dan ada bahasa-bahasa gaul anak muda tertera disana. Buku ini sangat ringan untuk dibaca dan mudah dipahami, ada kisah-kisah singkat sebagai penunjang nya dan tidak berbelit-belit dalam pembahasan. Namun memang menurut saya tips yang diberikan dikembalikan kepada pembaca apakah sesuai dengan dirinya atau tidak. Dan saya suka dengan banyaknya ilustrasi lucu alasan quote-quote di buku ini. Membuat pembaca tidak mudah bosan.

Akan saya lampirkan sedikit ilustrasinya:















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARFUM ENAK WOYYYY!!!

Hey hey halo halo halo 💃 Gw pengen ngasi tau parfum yg enak bgt yaampoen sungguh secinta itu gw sm parfum ini. Wangi yg entah kenapa gw can...