Selasa, 14 Juli 2020

Dunia dalam Genggaman


Di zaman yang serba digital dan serba canggih ini serasa dunia berada di dalam genggaman ya~

Mungkin memang belum semua orang menggunakannya, tapi sebagian besar orang di dunia ini menggunakannya kan? Secara udah makin modern aja peradaban ini. Bahkan seringkali kita tanpa sadar menjadi makhluk yang paling lengket dengan teknologi. Sosial media, games, bacaan-bacaan digital, dan lain sebagainya bisa dengan mudah diakses.

Mau tidur setel alarm make HP, bangun tidur matiin alarm liat HP, ya gitu aja teros~ jadi inget lagu: aku mau makan ku ingat kamu~ aku mau tidur juga ingat kamu~ (ya ketauan tuanya dah gua).

Oke fokus! Teknologi pastinya ada plus minusnya kan?

sekarang gua bisa dengan mudah belajar memakai ebook (jurnal, modul, buku, novel, dll) tapi juga mata gua ini sering kali lelah, bahkan kadang jadi sakit kepala gitu loh. Gua sebenernya bukan orang yang kutu buku banget sih, bahkan gua sering banget ngantuk kalau baca buku wkwk tapi kalau main HP udah dah melek terosss. Gua kira dengan peleburan HP dan buku yang menyatu jadi satu menjadi e-book bisa membuat gua betah berlama-lama membaca buku tapi ternyata.. itu juga tidak ngefek buat gua, apalagi baca di HP cenderung lebih cepet bikin sakit mata (nah ini bisa dibantu makan wortel nih kek kelinci). Terus kebiasaan gua buat ngestabilo bagian penting juga tidak bisa dilakukan kalau buat e-book, walaupun bisa sih pake efek highlight (di PDF), tapi tetep aja beda rasanya. Jauh lebih bisa mengingat dan menangkap dengan membaca langsung dari buku. Dilain pihak teknologi memudahkan tapi dilain pihak juga radiasinya berbahaya belum lagi membuat jempol sakit karena kebanyakan ngetik (ya contohnya bikin postingan blog ini). Jadi setiap hal memang ada resikonya ya.. hmm..

Belum lagi terkadang peran teknologi ini bisa membuat yang jauh jadi dekat dan yang dekat jadi jauh (kayanya ini gua korban iklan deh wkwk). Seringkali kita lupa mensenyapkan HP kita sejenak buat menjalin relasi yang sesungguhnya ataupun buat ketentraman jiwa kita.

Semenjak ada pandemi Covid-19 ini juga pembelajaran dilakukan secara daring, tapi pembelajaran secara langsung masih tetep paling d'best. Ngerasa gak sih? Walaupun sekolah tuh suka mager tapi ternyata lebih mager lagi belajar dirumah, kek kurang aja gitu effortnya soalnya gua liatin ade gua jadi makin-makin aja merdeka kaga belajar gitu, ade gua aja ngoceh terus kalau lagi liat tv "ih kapan sekolah, bosen gua, makin bodoh aja gua dah" dan gua jawab "elu lagian di rumah kaga belajar, HP teross"(maapkeun ya gua omongin lu wkw). Tapi balik lagi sih ke tipe orangnya, kalau gua sih dulu justru kalau disekolah malah main giliran di rumah malah belajar. Aneh emang gua tuh. Soalnya di sekolah rame, bawaannya kan pengen ngelayap, boro-boro konsen belajar. Gua inget banget dulu pas jaman ujian, temen gua pada serius-serius amat belajar di sekolah, gua ma lirik kanan kiri nyari temen ngobrol, gua belajarnya udah dirumah soalnya jadi disekolah bebas. Sampe ada yang nanya ke gua "ijaz gak belajar?" Dan dengan santuy ku menjawab "udah dirumah, ga konsen gua belajar disini". #kokjadiceritakemanamana

Balik ke topik! Pandemi ini juga bikin ketemu teman jadi sulit, rasanya tidak cukup kalau cuma dari HP saja. Karena memang berbeda sih rasanya antara pertemanan via online dan offline. Kalau online tanpa offline kaya berasa rada fake aja gitu wkwk, iyalah~ apalagi zaman sekarang.. semakin banyak orang-orang jahat terselubung bisa mengintai tanpa lo tau, ngeri gasi?

Gua pernah baca wabtoon yang judulnya killstagram, memang itu agak horor sih tentang pembunuhan gitu, tapi dari situ gua jadi belajar juga kalau tidak semua hal bisa di sebar di sosial media, karena itu berbahaya. Oh iya btw.. gua memang rada seneng baca dan nonton film yang genrenya macem thriller misteri gitu, tapi please jangan negatif thinking dulu, gua bukan psikopat kok, sebel gua dah kalau ada yg komen "wah jiwa psikopat nih", ya tinggal lo pinter-pinter nyaring dah mana yang kudu ditonton mana yang tidak. karena.. selama lo bisa mengambil hikmah baik di dalamnya justru itu bisa membuka mata batin lo(?) #kokmatabatin, maksud gua mata hati deng wkwk, dunia ini itu sebenarnya kejam gais. Daripada nonton yg romance bikin potek aja karena di dunia nyata tidak seperti itu :")

Soalnya dulu sebelum gua baca dan nonton hal-hal begitu gua tuh polos banget, gua menganggap semua orang di dunia itu baik, ketika gua tau hal itu gua jadi mikir ternyata dunia ini juga banyak orang jahat yang perlu di waspadai, bahkan dengan orang terdekat aja kayanya harus waspada sih wkwk, pokonya pesen gua sih waspadalah! waspadalah! Ngeri ngeri ngeri bahkan kelakuan manusia sering kali jauh lebih jahat dari syaiton. Makanya kalau berdoa juga minta dihindari dari tipu daya syaitan dan manusia yang ingin mendzolimi, minta dilindungi pokoknya dah.


Semakin canggih teknologi semakin sulit menjaga privasi. Malah sering kali kita sendirilah yang mempublishnya. Ya gua juga masih begitu sih. Kadang nih ya kalau kaya liburan nih.. keknya gak afdol gitu kalau gak apdet. Bingung kan ya kadang.. dilain pihak keknya gak betul ni kelakuan eh tapi bisa jadi betul. Gitu dah jadinya.

Apalagi jiwa narsisistik kita yang sering bergejolak. Seakan dunia milik sendiri. Pamer ini itu. Wkwkw haduh tolong gimana ini kadang gua mikir sih kalau apdet ini dosa kaga ya. Misal salah satu contohnya.. dulu pas gua kerja gua apdet kerjaan gua, hmm.. bisa jadi ada manusia yang iri karena belum bekerja, iya kan? Pasti ada aja kan? Atau kadang nih apdet makanan eh bikin orang kepengen, keknya dosa lagi tuh gua. Bingung aing~

Terus kemarin lagi heboh kan tuh pasangan yang baru nikah, uwu banget kan ya? Aduh sumpah gua tu ngeliatnya kek hmm gimana gitu antara seneng tapi kok ya iri juga wkwk wajarlah ya iri dikit namanya juga manusya, kan bukan berarti gua ngerebut suaminya juga karna iri(?). Gua jadi mikir deh, ternyata kalaupun udah sah menikah pun bukan berarti semua bisa dipublish begitu saja ya, cobalah pikirkan perasaan kaum jombs ini~ wkwkw. Ya gak ada salahnya ngepost sih tapi juga jangan berlebihan(?) Iya tauk kok taukkk so swit iya.. tapi kan.. hmm.. haduh terkadang jiwa julid gua ini tidak bisa terbendung kan wkwk.

Apalagi ada beberapa couple yang katanya sih ngeshare urusan springbed juga. Paham kan ya? Ituloh milih merek springbed yg bagus dengan harga terjangkau dimana(?) *apasih. Kenapa gua bilang "katanya"? Karena gua belum menontonnya jadi gua gak tau benar atau tidaknya hal ini, gua cuma tau dari komenan orang di instagram yang bilang akun ini sering apdet itu. Ya gua mah nyimak aja ya sebagai netijen yg berbudi mulia(?). Nah apalagi urusan begitu ya.. bukannya apa-apa sih.. kan gaenak ya masa iya kek gitu dikasih tau ke orang-orang, emang gak malu? Udahlah simpen buat kalian aja dah jangan di umbar-umbar, biar apa sih? Bebas sih bebas.. pas udah sah.. tapi gak gitu juga konsepnya.. saking bebasnya bahkan lupa rasa malu.

Belum lagi kasus cyberbullying yang marak terjadi. Dimana orang sering sindir sana sini di sosmed. Nah itu juga kurang-kurangin yuklah.. selain tidak syedap dibaca juga bisa menyakiti hati.

Oh iya! Gua inget sesuatu. Gua sering liat di postingan ig yang curhat terkait cyberbullying yg dilakukan oleh pacarnya sendiri. Sering kan tuh kasus dimana cewe di suruh pap hal yang tidak senonoh buat cowonya, terus ujungnya pas putus diancam bakal di sebar. Itu juga gabaik ya gais.. itu udah masuk ke ranah toxic relationship atau bisa juga masuk ke ranah kekerasan dalam berpacaran (meskipun kekerasannya bukan dilakukan secara fisik, itu tetap kekerasan). lagian nih pesen gua udah lah nak sekolah aja yang bener dulu.. sumpah daripada nyesel seumur hidup lu, itu tuh kebahagiaan yang fana gais, lebih baik lu jomblo tapi berkelas daripada ingin mengumbar cinta yang tidak seharusnya. Masih jauh perjalananmu nak.. tolong ya dijaga dirimu baik-baik. Cinta itu berbeda dengan nafsu, jika memang dia cinta kamu dia tidak akan merusakmu, jika dia cinta kamu dia akan menjagamu, jangan pernah berdalih cinta hanya untuk berbuat maksiat.

oke menurut anda nih apalagi sih hal-hal yang perlu di kritisi dari teknologi? Mungkin ini gua bisa kasih infografisnya ya.

Sekarang gua kasih kesimpulan aja ya..
Di era yang serba digital memang semua jadi semakin mudah diakses tapi rentan kejahatan juga. Yuk lebih bijak memakai teknologi. Terus tolong lebih berhati-hati ya gais dalam mempublish sesuatu, bahkan lebih baik jika sosial media bisa digunakan untuk sharing ilmu. Publishlah sesuatu yang bermanfaat saja. Ini tulisan bukan cuma sekadar bacotan sih tapi juga pembelajaran khususnya buat diri gua sendiri dan para pembaca.

See you~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar