Jumat, 26 Juni 2020

Cinta yang sesungguhnya

Hai semua~
Assalamualaikum~

Kali ini postingan gua agak serius nih *tumben banget si ijaz* ya sekali-kali kita refleksi diri lah ya, jadi gua abis baca tafsir dari ayat Al-Qur'an, ketika gua resapi gua bener-bener merinding bacanya. Ternyata arti dari firman Allah benar-benar indah dan menyentuh hati.

Memang kalau baca Al-Qur'an perlu diresapi artinya sih biar bisa sekalian refleksi diri dan jadi sadar makna sesungguhnya.

Gua sendiri sih ini masih belajar banget, ilmu gua tentang agama pun mungkin masih cetek. Baca Al-Qur'an pun gua masih suka tersendat, bahkan tanda waqaf aja masih suka salah, ilmu tajwidnya juga suka salah. Jadi maaf ya kalau pembahasan gua cuma ala kadarnya ya, mohon koreksinya kalau ada kesalahan.

Cuma kalau gak pernah memulai untuk belajar kapan bisanya ya kan? Meski masih salah-salah gua rasa juga gapapa kok, yang penting usaha aja.

Gua malu sih sama Allah sepanjang hidup gua masih suka lalai. Ketika gua tahu arti dari do'a nabi Yunus waktu berada di dalam perut ikan paus, gua bener-bener sadar kalau manusia memang ladangnya salah.
》 Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَ ذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَا ضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّـقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَا دٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ 
wa zan-nuuni iz zahaba mughoodhibang fa zhonna al lan naqdiro 'alaihi fa naadaa fizh-zhulumaati al laaa ilaaha illaaa angta sub-haanaka innii kungtu minazh-zhoolimiin.
"Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."
(QS. Al-Anbiya 21: Ayat 87)

Kutipan
"laaa ilaaha illaaa angta sub-haanaka innii kungtu minazh-zhoolimiin" ini bisa dijadikan wirid-an untuk memohon ampun atas kesalahan kita. Hati juga jadi tenang ketika mengucapkan kalimat ini berulang kali. MasyaAllah~

Sering kali cobaan dalam hidup justru membuat gua suka marah dengan takdir Allah. Mungkin sering kali jalan yang kita hadapi ini sulit dan berat, saat itulah diri kita diuji atau justru kita diberikan pelajaran berharga oleh-Nya dan sekarang gua hanya bisa mencoba untuk tetap berhusnudzon sama Allah. Pasti Allah akan memberikan skenario terbaiknya untuk kita. Sesuai dengan firman Allah
》Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ۗ 
inna ma'al-'usri yusroo
"sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."
(QS. Al-Insyirah 94: Ayat 6)

Allah juga akan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya. Hanya Allah memang tempat kita mengadu. Hanya kepada Dia tempat kita kembali.
》Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
اِيَّا كَ نَعْبُدُ وَاِ يَّا كَ نَسْتَعِيْنُ ۗ 
iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin
"Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan."
(QS. Al-Fatihah 1: Ayat 5)

》Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَاِ لٰى رَبِّكَ فَا رْغَبْ
wa ilaa robbika farghob
"dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap."
(QS. Al-Insyirah 94: Ayat 8)

Sering kali kita datang ke Allah ketika hanya masalah menimpa ya kan? Tapi Allah seringkali mengabulkan do'a-doa'a kita yang hanya dianggap butuhnya doang, bayangkan kalau sama manusia yang datang pas butuh doang.. suka kesel kan? Tapi Allah tidak pernah begitu, dia selalu memaafkan hambanya sehina apapun. Sungguh cinta Allah kepada umatnya memang sangat besar melebihi apapun. Hal itu bisa ditemui di Al-Qur'an:
》Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman
فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَا سْتَغْفِرْهُ ۗ اِنَّهٗ كَا نَ تَوَّا بًا
fa sabbih bihamdi robbika wastaghfir-h, innahuu kaana tawwaabaa
"maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima Tobat."
(QS. An-Nasr 110: Ayat 3).

Gua juga berusaha memikirkan banyaknya nikmat Allah yang selama ini tidak gua sadari. Coba bayangkan lo diberikan nikmat sehat udah luar biasa kan? Dan masih banyak nikmat lainnya yang sudah dikasih sama Allah
》Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
فَبِاَ يِّ اٰلَآ ءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ
fa bi`ayyi aalaaa`i robbikumaa tukazzibaan
"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"
(QS. Ar-Rahman 55: Ayat 13)

Coba bayangkan kalau Allah tidak menjamin keamanan kita? Kita sebagai manusia yang lemah ini tidak akan berdaya sehebat apapun kita.

Gua bener-bener merinding pas baca surat Al Mulk, entah kenapa arti surah itu membuat gua nangis. Gua mikir dah gimana kalau Allah murka sama manusia termasuk murka sama gua yang penuh dosa ini. Allah bahkan bisa ngasih azab dengan mudah. Serem gak sih kalau tiba-tiba Allah murka? Ini gua kasih kutipan 2 ayat Al Mulk yang paling bikin merinding, coba deh baca surahnya dari awal sampai akhir biar bisa meresapi maknanya lebih dalam.
》Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
ءَاَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَآءِ اَنْ يَّخْسِفَ بِكُمُ الْاَ رْضَ فَاِ ذَا هِيَ تَمُوْرُ ۙ 
a amingtum mang fis-samaaa`i ay yakhsifa bikumul-ardho fa izaa hiya tamuur
"Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?"
(QS. Al-Mulk 67: Ayat 16)

اَمْ اَمِنْتُمْ مَّنْ فِى السَّمَآءِ اَنْ يُّرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَا صِبًا ۗ فَسَتَعْلَمُوْنَ كَيْفَ نَذِيْرِ
am amingtum mang fis-samaaa`i ay yursila 'alaikum haashibaa, fa sata'lamuuna kaifa naziir
"Atau sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu? Namun kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku."
(QS. Al-Mulk 67: Ayat 17).

Kebayang kan kalau kita telat memohon ampun sama Allah? Semoga kita menjadi makhluk-Nya yang taat dijalan Allah dan semoga kita selalu di dalam lindungan-Nya ya~ Aamiin..

Ku pamit undur diri ya..
Wassalamualaikum~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar