Selasa, 08 Oktober 2019

Pentingnya Sebuah Bantuan

Halo~
Gua barusan nemu kata-kata di instagram, dan gua jadi berpikir untuk membuat tulisan tentang ini. Yang bakal gua kaitkan dengan pengalaman gua saat masih SD.

Begini kata-katanya di instagram

Ngomong-ngomong soal bantuan nih, pernahkah kalian membantu orang lain? Pasti pernah dong ya~
Walaupun terkadang kita juga harus memilah dan memilih kepada siapa bantuan itu akan kita berikan dan harus ikhlas pastinya dong~

Gua pribadi sebenarnya jarang dibantu orang lain, kadang gua suka gak enakan minta bantuan, walaupun sebenarnya ingin dibantu sih(?) seringkali masalah yang gua hadapin akan gua arungi seorang diri dengan penuh rasa frustrasi namun gua tak ingin menyerah. Ya itulah mungkin kenapa gua masih bisa bertahan hidup sampai saat ini.

Tapi tak jarang juga ketika nasib gua udah di ujung tanduk, bantuan datang kepada gua tanpa cuma-cuma.

Gua mau berbagi cerita yang tidak pernah gua lupakan hingga saat ini. Tanpa basa basi gua mulai saja ceritanya ya, disimak ya~

jadi gini..
waktu gua kelas 6 SD tepatnya ditanggal 1 Februari 2008, saat itu lagi hujan deras di siang hari.
gua yang saat itu sekolahnya lumayan jauh dari rumah harus menggunakan mobil antar jemput untuk pulang pergi kesekolah. Ketika pulang, mobil jemputan gua mogok ditengah jalan, karena banjir yang agak tinggi menenggelamkan mobil jemputan gua. Fyi aja yang suka anter jemput gua waktu itu adalah mamanya temen gua sebut saja mama A. Temen gua itu pun ikut di dalam mobil jemputan, sebut saja teman gua ini si A.

Nah pas mobilnya mogok panik dong ya~ mama A minta bantuan ke orang-orang tak dikenal disekitar mobil kita. Beberapa orang membantu, namun diakhir mereka memaksa mama A untuk memberikan upah, gua saat itu ngerasa iba ngeliat mama A yang nangis karena pas itu dia gak punya uang, gua pun pengen bantu boro-boro punya duit, uang jajan aja cuma dikasih 3 ribu sama emak.

Mama A bilang gini "pak saya lagi gak punya uang, mohon maaf ya pak makasih bantuannya" tapi mereka tetep ngegas gitu minta dikasih upah. Yang akhirnya membuat mama A sedikit emosi dan nangis, sambil gemeter dia bilang kurang lebih gini "pak saya mohon ikhlasin ajalah, ngapain tadi ngebantu kalau maksa minta upah gini? saya cuma punya uang segini buat bayar becaknya anak saya dan becaknya anak-anak jemputan saya, saya kan bertanggung jawab atas anak-anak itu".

Mama A memesan becak untuk kita semua, kecuali DIA. Ya.. saat itu mama A tetap berurusan sama orang-orang yang tadi minta upah, sampai akhirnya si A bilang gini ke mamanya "mah, mama gak ikut pulang? Cuma aku nih yang pulang? Mamah gimana?" Dan mama A menjawab "iya mama disini buat jagain mobil ya, udah kamu balik aja duluan, gausah mikirin mamah". Wah gila sih waktu itu kek ada bawang gitu di deket mata gua rasanya. Disitu gua bisa melihat kasih sayang seorang ibu tu bikin tak bisa berkata-kata.

Gua naik becak berdua sama temen gua yang kita sebut saja si S. Nah tukang becak ini mengantar si S duluan barulah nganter gua. Si S Berhasil sampai dengan selamat ke rumah, karena rumah si S lebih deket dan mudah dijangkau dari lokasi mogoknya mobil. But, gua tidak. Di jalan menuju rumah gua banjirnya sangat dalam sampe sepinggang orang dewasa. Dengan sangat sedih tukang becak gua nyuruh gua turun dari becak dan gak mau nganter gua ke rumah. Gua mau nangis sumpah saat itu tapi tertahan. Ya bayangkan aja anak SD yang masih imut bocah gitu ditinggalkan seorang diri tanpa uang, basah kuyup kena ujan yang deres, dan kebingungan karena gak bisa pulang.

Gua pun menuju minimarket terdekat dan minta bantuan buat nelpon ayah gua dikantor tapi gua bodoh juga sih kalau ayah gua nolong juga pasti mobilnya bakal mogok dong ditengah jalan? Mau nelpon kerumah pun gak bisa karena waktu itu telpon rumah gua lagi dicabut koneksinya. Selesai nelpon, gua semakin bingung. Gua termenung dipinggir ruko udah kaya anak ilang. Banyak orang ngeliatin gua tapi gak ada yang mau membantu gua.

Next!
Gua menggigil dan kelaperan, yang akhirnya membuat gua nekat mau mengarungi air banjir menuju rumah gua. Awalnya gak begitu dalem, gua jalan perlahan-lahan tapi banyak orang yang akhirnya teriak bilang "dek bahaya dek ati-ati, dek jangan nekat" gitu-gitu dah kira-kira reaksi orang-orang liat bocah SD nekat nerjang banjir yang ternyata airnya berarus deras. Semakin ketengah langkah gua semakin berat. Mau balik gak bisa mau lanjut berasa udah gak sanggup. Air semakin menenggelamkan badan gua dan arus semakin membuat badan gua gak berdaya. Gua hampir pingsan. Mata gua mulai berkunang-kunang, nafas juga semakin sesak. Gua pun hampir terbawa arus banjir.

Tiba-tiba seorang tukang becak yang lagi bawa penumpang ada yang nekat nerobos banjir juga, dia teriak ke gua "dek, hati-hati makin dalem loh ini". Gua yang saat itu liat becak nekat, gua pun langsung bilang "bang saya boleh gak numpang becak abang?" Terus kata abang becaknya "tapi ada orangnya di dalem neng" dan gua jawab "gapapa bang saya cuma mau numpang pegangan aja saya udah gak kuat".

Akhirnya gua pegangan sama besi becak, awalnya kaki gua masih bisa mengikuti gerakan langkah abang becak yang dorong becaknya. Tapi semakin lama kaki gua benar-benar tidak bisa bergerak. Kaki gua nyeret dan gua cuma bisa teriak dengan sisa tenaga "bang berhenti dulu saya udah gak bisa jalan!" Abang becak itu akhirnya nyuruh gua buat naik ke tempat duduk abang becak(?) Tau kan ya maksud gua? Tempat duduk yang dibelakang itu loh buat ngegowes becaknya. Gua digendong abang becak itu naik ke atas tempat duduknya karena gua udah nyaris pingsan saat itu.

Setelah melewati banjir bandang itu. Gua pun tiba di depan komplek perumahan gua yang airnya cuma semata kaki. Gila kan kebayang gak tuh bedanya air yang gua lewatin tadi sama air di depan rumah gua? jauh banget tinggi airnya coy!

Pada perpisahan kita, abang becak bilang "dek sampai sini ya, kamu kuat gak jalan ke dalem? Saya panggilin temen saya ya buat nganter eneng?" Akhirnya gua bilang "gak papa pak saya kuat ko ke dalem". Kata abangnya lagi "tapi saya khawatir neng" dan gua pun jadi dianter sama temennya abang becak ke rumah. Gua waktu itu bilang "makasih ya pak udah bantu saya, maaf pak saya gak bisa ngasih apa-apa" kata dia "gapapa neng, yang penting eneng selamet".

Sampai rumah gua nangis, emak gua panik pas tau apa yang gua lewatin buat nyampe ke rumah. Sangat mengharukan! Gua cuma bisa berterimakasih sama Allah yang mempertemukan abang becak baik hati itu buat gua, kalau enggak mungkin gua udah hanyut dan udah mati kali.

Nah pesan moralnya balik lagi ya kaya di foto yang gua share di atas. Coba deh lebih peduli sama orang sekitar. Tapi tetap waspada sih ya.. selagi kita sanggup membantu ya bantu aja, gak usah itung-itungan. Toh selain dapet pahala, ada kebahagiaan batin sendiri kan kalau bisa membantu orang lain? Semoga cerita gua bisa diambil hikmahnya (ada hikmahnya kan ya? Berfaedah kan?) Wkkww.

Pesan gua: Teruslah sebarkan kebaikan dan tetaplah bermanfaat guys~

Terima kasih sudah membaca kisah gua yang hampir hanyut ini wkwkw~  see you to the next my story in blogger :) #semogabahasainggrisnyabener

Babay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar