Kamis, 22 Agustus 2019

Kitten Sulit Buang Air Kecil

Hai semua..
Gua mau berbagi kisah lagi tentang kitten gua yang masih usianya 2 bulan. Sudah bacakah postingan gua yang menceritakan kucing gua nama Oyendut mati karena gabisa kencing?

Nah kali ini guys si Putih (sodaranya oyendut) mengalami hal ini lagi. Sumpah gua jadi penasaran dong kenapa kucing-kucing dirumah gua pada begini. Pokoknya nih ya kalau kucing lama banget nongkrong tapi urine nya gak keluar atau cuma netes dikit-dikit itu sudah pertanda harus segera diobatin, karena kalau kelamaan racun yang ada di urine nya bakal nyebar dan menyebabkan muntah-muntah, menolak makan minum, bahkan menyebabkan kematian. Emang agak pusing kalau udah berurusan sama penyakit, biaya dokter hewan pun mahal, uang simpanan gua pun habis demi mengobati kucing gua ini. Pasca kateter yang cuma sehari, putih buang air kecilnya masih agak susah, cepet sembuh ya putih.. uang gua habis putih jadi kamu harus segera pulih :"(

Ini putih pas lagi pasang kateter

Gua nulis ini supaya bisa berbagi informasi kepada kalian yang membutuhkan. Jadi awalnya kucing gua ini gua kasih makanan dry food merek cici (gua udah ngasih ini dari usia mereka sekitar sebulan) nah maaf banget cici, kucing gua gak cocok sama makanan ini karena kadar magnesiumnya tinggi. Membuat kristal menumpuk di saluran kencing. Fyi aja ni kucing gua always gua kasihin air putih setelah makan menggunakan dot biar masuk airnya banyak, soalnya kalau dibiarin minum sendiri suka dikit kan minumnya?
Awal gua kenal cici pun karena direkomendasikan sama mbak-mbak petshop, karena gua gak begitu paham ya gua okein aja. Oh iya tiba-tiba gua teringat sesuatu, dulu si oyendut itu susah kencing dari usianya 1 bulan loh, yg mana dia belum makan apapun kecuali minum susu, entah ini kesalahan merek susu yang kurang berkualitas atau karena apa, kebetulan emang selama sebulan gua sama sekali tidak memberikan mereka air putih, soalnya gua pernah baca dah kalau gak salah gak boleh dikasih air putih dulu, hmm.. tapi gua masih belum tau kebenarannya.

Jadi guys! Susah kencing itu ada 3 faktor (tadi gua nanya sama dokter hewannya) yang pertama karena bakteri, kedua karena penumpukan kristal di saluran kencing, ketiga karena kecelakaan atau trauma.

Nah dulu Oyendut ini diduga kena bakteri. Padahal dikasih obat pun gak manjur. Kalau oyendut kena bakteri pasti obatnya kena sasaran guys. Untuk obat yg bakteri ini sorry bgt gua gatau soalnya waktu itu udah diracikin gitu sama dokternya jadi gua gatau merek apa.

Obat oyendut yang sisa pun gua kasihin ke putih juga kaga mempan. Gua menduga dokter yang gua kunjungi pertama itu salah mendiagnosa. Kali ini putih gua bawa ke klinik hewan yang ada USG nya, dan ternyata.... benar saja kristal menumpuk di perut putih.

Ini tragedi yang sangat amat jarang terjadi sama kitten, biasanya kristal menumpuk itu kalau kucing udah 5 tahun keatas tapi ternyata hal ini bisa terjadi sama kitten 2 bulan.

Kitten gua yang lain pun perlu dikasih tindakan karena pasti kristal juga menumpuk diperut mereka dgn disaranin makan royal canin urinary s/o agar gak sampai kejadiannya kaya putih dan oyendut. Oh iya fyi aja penyakit ini lebih rentan yang terkena jantan meskipun ada juga kasus betina.

Gua tadi ke Viva Vet yang ada di deket hotel alium taman royal 1 deket stasiun batu ceper. Memang sih untuk harga agak mahal tapi alhamdulillah gua lumayan puas sama pelayanannya yang benar-benar ramah, dokter hewannya benar-benar merawat dan menindak kucing dengan baik dan penuh kasih sayang. Ko terharu gua :') gak tau gua terharu kalau ada liat orang sepeduli itu sama hewan terutama kucing.

Putih dikasih tindakan pembiusan untuk pasang kateter dan pembersihan kristal di dlm perutnya, pemasangan alatnya ini menyakitkan ya guys jadi harus di bius. Oh iya putih dikasih obat namanya cystaid sama antibiotik amoxan buat ngobatin peradangan akibat kateter. Gua juga beli royal canin urinary s/o yang dry food dan wet food. Gua beli ini 86 rb


Intinya guys jangan sembarangan ya memberi makan kucing, ini pelajaran berharga buat gua sih, untuk sesekali boleh memberi makan dry food tapi jangan terus menerus. Lebih baik kucing itu dikasih ayam atau tempe (direbus biasa ya gausa dikasih bumbu). Oh iya untuk ramuan alaminya adalah cekokin tu kucing air kelapa ijo (kurang lebih 125 ml) tapi jangan dekat waktunya pas lagi minum obat karena menetralkan obat, susu juga ya jangan deket-deket pemberiannya sama obat dia juga menetralkan.

Gua hampir melupakan sesuatu, dulu gua pas liat gejala oyendut yang pipisnya setetes-setetes itu, gua langsung pergi ke petshop buat nanya-nanya soal royal canin urinary s/o yang mana emang itu diperuntukan buat kucing dewasa, kucing gua yang masih kecil itu tidak dianjurkan, tapi ternyata.. mau tidak mau guys kalau udah terjadi seperti itu emang harus ganti makanan itu walaupun kucing masih kecil. Sepertinya sih gua lebih menyarankan yg wet royal canin urinary s/o deh, soalnya kandungan air di dalamnya lebih banyak kan(?) Jadi secara logika sepertinya itu lebih baik apalagi kitten susah ngegigit kan ya kalau yang dry soalnya kibblenya gede dan keras. Nah dibawah ini contoh yg wet foodnya, harganya satu ginian 25 rb. Modar gak tuh? Ya Allah dompet gua membuatku meringis dan sakit kepala. Gua bukan apa-apa sih gua takut banget kalau ada hal urgent lainnya sedangkan dompet gua kaga ada isinya. Bahkan sempet shopping aja kaga gua cing *tangisan majikan yang teraniaya*, iya begitulah emang ya kalau udah sayang  :") udah kaya anak gua aja dah kucing-kucing kecil ini *curhat*



Btw tadi pagi gua diomelin ayah gua karena katanya gua terlalu tergila-gila sama kucing, tapi ya gimana ya gua udah ngerawat mereka dari kecil wajar kan kalau gua sayang banget sama mereka kaya anak sendiri?

Plis so sorry banget buat kalian yang bilang gua gila atau gimana terserah lah ya, tapi ini semua pure karena gua sayang banget sama mereka. Salahkah aku jika menyayangi hewan? Cobalah untuk lebih peduli dengan hewan, jangan karena mikirnya yaelah hewan doang. Tapi bagi orang yang sayang kucing apalagi pemilik kucing tersebut pasti ingin yang terbaik kan buat kucingnya?

Semoga sebentar lagi gua bisa dapet kerja lagi ya kucing-kucingku.. biar bisa ngebiayain kalian sampai kalian bisa hidup mandiri. Pesan moralnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Andai gua tau ini sejak awal pasti dari makanan pun kitten gua bakal gua cegah, tapi apa daya gua baru tahu sekarang.

Oh iya ini bonus foto harga penanganan si putih di klinik

Nah gitu deh guys~ semoga infonya bermanfaat, doakan kitten-kitten ku sehat ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARFUM ENAK WOYYYY!!!

Hey hey halo halo halo 💃 Gw pengen ngasi tau parfum yg enak bgt yaampoen sungguh secinta itu gw sm parfum ini. Wangi yg entah kenapa gw can...