Minggu, 15 September 2019

Sambal Goreng Kentang Udang


bahan:
1. kentang
2. Udang
3. Lengkuas
4. Cabe keriting secukupnya
5. Daun salam 3 lembar
6. Daun jeruk 3 lembar
7. Terasi secukupnya
8. Gula secukupnya
9. Garam secukupnya
10. Tomat 1 biji
11. Bw. Merah dan putih dengan perbandingan 3:1 (bawang merah lebih banyak)
*Boleh ditambah royco atau bumbu sachet sambel goreng (tapi klo udh pake bumbu ini gausa make terasi)
Tahap memasak:
1. Kupas dulu dan cuci dulu semuanya sampai bersih, dan kentang + udang dipotong lalu di goreng
2. Geprek lengkuas
3. Cabe, tomat, bw. Merah, bw putih, gula, garem, terasi di blender (nah ini jadi bumbu halusnya)
4. Tumis sampai wangi bumbu halus, masukin lengkuas yang udh di geprek, masukin daun salam dan daun jeruk
5. Masukin deh kentang dan udang yg udh digoreng
6. Tunggu sampai matang. Ingat jangan sampai gosong yak ntar gabisa dimakan(?)
7. Tinggal dimakan deh

Nb: kalimat secukupnya itu dikira-kira yak wkwk soalnya gua gatau itu takarannya berapa kalo disebutin

Rabu, 04 September 2019

Mengatasi Kucing Keseleo

Hai semua..
kali ini gua mau ngeshare cara mengatasi kucing yang keseleo.

Ini si putih namanya guys yang ada di foto, dia tiba-tiba murung gitu kan ya habis di mandiin, ternyata setelah mandi ibu aku nemuin si putih kejatuhan panci dari kompor, itu ulahnya sendiri sih yang suka loncat kesana kemari. Maklum dia emang aktif banget.

Hari pertama
gua masih mikir kenapa di putih tiba-tiba murung, tatapan sedih banget jirrr. Main gak mau, makan juga kaya ogah-ogahan gitu.

Hari kedua
gua menyadari kalau dia agak pincang. Akhirnya gua balurin serai yang sudah di tumbuk tapi gak begitu hancur. Tapi karena putih ini gak bisa diem jadi gua gak bisa ngebalutin kakinya makai serai, jadi gua taruh aja tuh di atas kakinya hehe.
kaya gini nih *liat foto*

Hari ketiga
karena dia risih dengan daun serai yang bertebaran. Gua gak makai daun serai lagi. Gua beli minyak tawon, nah itu di balurin ke kaki yang sakit/bengkak (gua sempet mijit dia sih, tapi karena akhirnya dia makin bengkak dipijit, gua gak nerusin mijit lagi, jadi biarin aja dibalurin minyak tawon aja). Oh iya selama kakinya putih bermasalah, dia agak susah bergerak jadi makanan dan minuman harus di dekatkan ke dia ya. Maklumin aja kalau makanannya agak dikit tapi yg penting masuk makanan. Kalau dia mulai gak bertenaga bisa dicekokin air gula merah. Bahkan abis makan kita harus gendong dia buat masuk ke litter box nya buat buang air kecil/besar (karena kalau lagi gini dia malas kemana mana).
Untuk obatnya gua kasih dia asam mefenamat tapi dengan dosis yang kecil banget, bahkan kurang dari 1/6 tablet diberikan 2 kali sehari dengan jarak waktu jam 6 pagi lalu diberikan lagi sekitar jam 3 sore. Cuma buat meredakan nyerinya yang bikin badannya panas. Nah ditambah pemberian antibiotik amoxsan sebanyak 0,1 ml dengan berat badan 0,5 kg diberikan 2 kali sehari selama 7 hari (ini untuk kalau-kalau ada luka dalam). Pemberian obat harus makan dulu ya, karena bisa muntah kalau gak makan dulu. Pup nya juga jadi agak keras, jadi harus banyak diminumin air putih atau diberikan susu khusus kucing tanpa laktosa (tapi jangan berdekatan waktunya dari pas minum obat). Putih juga harus dijauhkan dari sodaranya agar tidak banyak bergerak dan ditindih-tindih.

Hari keempat
masih memberikan penanganan yang sama dengan hari kemarin.

Hari kelima
asam mefenamatnya di stop. Amoxsan tetap lanjut ya hingga 7 hari pemakaian. Minyak tawon juga rajin di balurin hingga dia mulai membaik.

Hari keenam sampai ke delapan
Alhamdulillah putih semakin membaik, minyak tawon mulai gak dipakai lagi, dia mulai bisa berjalan dengan baik bahkan bisa lari tapi amoxsan jangan dilupakan ya sampai 7 hari soalnya antiobiotik.




Nah segitu dulu ya pembahasannya, semoga bermanfaat :)