Jumat, 16 Agustus 2019

Perjuangan Kitten yang Susah Kencing dan Berakhir Kematian

Ya Allah
bener-bener rasanya sedih banget kali ini ditinggal mati sama kucing kesayangan. Sebenarnya ini bukan pengalaman gua yang pertama akan kehilangan kucing. Tapi mungkin karena dia udah gua rawat dari bayi gua jadi merasa kehilangan yang berat.

Pernah kan gua posting sebelumnya kalau ada induk kucing mati ninggalin anak kucing 5 ekor?

Nah ini kisah lanjutannya..
Anak kucing gua dinamain: 1. Oren alias oyendut (oren buntut lurus), 2. Oren bengkok (kerena buntutnya bengkok) 3. putih (tapi ada corak orennya) 4. Belang kecil 5. Item

Gua awalnya punya kucing oren 2 ekor dan gua pun karena tidak kreatif memberi nama anak kucing, jadi gua namain oren dua duanya. Sumpah mereka mirip banget tapi beda buntutnya.

Kucing gua yang mati ini adalah oyendut, dia ada tambahan "dut" nya karena dulu pas kecil dia paling endut. Tapi lama-lama kurus sih. Perutnya doang yang buncit.

Okay kita mulai ceritanya..
Oyendut ini pas usianya sebulan punya perilaku yang menurut gua agak aneh. Dia sering banget ngeden gitu tapi gak keluar apapun. Gua pikir dia susah BAB awalnya. Dan gua panik pas liat ada merah-merah yang keluar dari pantatnya. Tapi lama-lama merah-merah itu masuk kembali. Dan ketika gua mandiin dia untuk yang kesekian kalinya, gua baru sadar kalau yang keluar itu bukan anus artinya dia bukan ambien. Karena oyendut ini lincah banget jadi gak begitu ketara dia sakit. Cuma gua emang agak curiga ngeliat oyendut kalo pipis tuh netesnya lama banget air kencingnya.

Nah pada suatu hari pas usianya 1 bulan 2 minggu, oyendut ini mencret parah sampe keluar putih semacem lendir dari poopnya. Gua langsung lariin dia ke dokter hewan terdekat. Daaannn... biayanya mahal. Ternyata emang rata2 dokter hewan itu mahal banget. Gua menghabiskan uang 340 buat oyendut ketika mencret. Tapi guys! Gua seneng sama dokternya, dokternya baik dan gak pelit ilmu, bahkan dia nganjurin gua buat beli obat di apotik kalau emang obat dia gak manjur dan dia ngasih nomor telponnya. Oyendut pun disuntik dan dikasih obat racikan. Oyendut pun lemes cuma beberapa jam aja abis itu lincah lagi. Tapi emang gua sedih banget sih setiap ngasih dia obat karena itu pait banget. Kasian gitu liat mukanya kepaitan.

Gua juga konsul terkait masalah kencingnya si oyendut, tapi dokternya mengira bahwa wajar aja kencingnya begitu karena dia masih kecil banget. Gua jadi gak begitu cemas, tapi gua juga mikir sih kanapa sodaranya yang lain lancar-lancar aja soal kencing ya. Gua juga berpikir positif sih karena di urinnya gak ada darah juga.

Dengan waktu yang cepat oyendut pun sembuh dari mencret. Awalnya tidurnya dipisahin dari yang lain pun akhirnya bisa tidur bareng sodaranya lagi. Setelah itu PR gua adalah merhatiin pipisnya oyendut. Pipisnya tidak ada kemajuan, sama saja seperti kemarin-kemarin tapi dia semakin sering mojok buat ngeden pipis. Gua pun memutuskan pengen menemui dokter yang kemarin lagi buat bertanya tapi karena dokternya udah pindah jadi gua konsul sama orang lain. Gua nanya soal royal canin yang urinary tapi ternyata itu gak dianjurkan dikonsumsi oleh kucing kecil kaya oyendut. Dia malah dianjurkan ke rumah sakit hewan yang ada rontegen dan bisa ngekateter. Tapi rumah sakit hewan itu jauh bangeeeett gua gak bisa bawa oyendut kesana. Dan pasti biayanya juga gak murah kan?

Sampai akhirnya oyendut sembuh sendiri, tiba-tiba urinnya banyak keluar tapi tetap sering mojok gitu buat pipis. Awalnya gua pikir dia mau sembuh. Tapi big no! Tibalah hari dimana oyendut sama sekali tidak bisa pipis. Awalnya gua gak sadar dia gak bisa ngeluarin urin sama sekali karena gua ada urusan dipagi hari. Pas pulang gua menemukan oyendut gak mau makan dan minum. Gua mulai curiga. Gua perhatiin pipisnya dan ternyata dia gagal pipis terus. Kasian banget liat mukanya yang sampe berair mata demi mengeluarkan air pipis yang ternyata gak keluar.

Gua panik. Tapi karena dokter kemarin terlalu mahal dan kebetulan dia udah pindah, jadi gua mau datengin salah satu dokter yang agak jauh tapi murah dan dia terkenal banyak pasiennya dan dokter senior gitu. Tapi dokter ini bukanya sore banget bahkan menjelang magrib. Akhirnya gua menunggu sore bersama oyendut sambil mengajak dia main. Dia masih mau main walaupun dikit-dikit dia kesakitan pengen pipis gak bisa. Dan semakin lama oyendut semakin parah. Dia muntah bolak balik membuat gua panik parah. Dia terus muntah tanpa mau makan dan minum. Entah apa penanganannya terlambat apa gimana. Pas udah kedokter dan disuntik, oyendut tetap tidak pulih. Gua pun gak tau ini penyakit apa karena pas gua nanya dokternya gak memberi tahu secara pasti gitu. Gua nanya apa sakit ginjal atau gangguan saluran kencing tapi dokternya bilang jarang kucing kecil punya penyakit gitu.

Gila gila bukannya pulih justru dia semakin sekarat, mukanya pucat, badannya dingin, gak berdaya, dan muntah yang bahkan tidak ada yang bisa dimuntahkan saking kosongnya perutnya. Nafasnya semakin pendek semakin malam. Gua histeris. Gua nangis-nangis sambil gendong oyendut sampe mata gua bengkak dan kepala gua pusing parah. Segala macem kalimat gua ucapkan ingin oyendut sembuh lagi. Sempat gua liat dia tiba-tiba mengangguk entah gua halusinasi apa engga, dan tiba-tiba napasnya ilang tapi pas gua teriak nangis dia napas lagi. Akhirnya karena semakin malem gua pikir ya dia mungkin harus istirahat. Gua pun tertidur dan terbangun 2 jam kemudian, gua langsung liat keadaan oyendut, dan ternyata oyendut sudah gak bernafas :'(

Gua menatap dia nanar. Antara sedih tapi tenang juga karena akhirnya dia gak sakit lagi. Gua langsung masuk ke kamar ortu gua dan bilang oyendut udah mati tapi tiba-tiba air mata gua menetes deres kembali. Gua sedih banget. Rasanya liat 4 kucing gua yang lainnya pun awalnya gua gak sanggup karena keinget oyendut. Gua bolak balik nangis dan gak nafsu makan. Oyendut dikubur pagi setelah subuh di depan rumah gua. Ya Allah cuma bisa berdoa oyendut bisa ditempatkan yang terbaik disisi-Nya dan dipertemukan dengan induknya si belangket.

Bahkan obat dari dokter sama sekali belum gua kasihin ke oyendut tapi oyendut udah meninggalkan gua duluan. Selamat jalan oyendut 😭 gua kangen oyendut, maaf ya kalau gua belum bisa merawat kamu dengan baik :(



Tidak ada komentar:

Posting Komentar